Burung dan Ikan Jelas Berbeda

Tulisan ini, suara hati terdalam. Burung dan ikan jelas dua hewan yang berbeda, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa jadinya kalau kita memaksakan burung berenang dan memaksa ikan untuk terbang? Bisa? Mungkin bisa dengan berbagai teknologi canggih masa kini. Tapi secara fitrah, bukan itu potensi mereka. Memaksakan? kenapa harus memaksakan? kenapa tidak maksimalkan potensi yang ada?

Munif Chatib dalam buku 'Gurunya Manusia' bilang kalau "Every child is unique". Setiap anak itu unik, setiap makhluk itu unik dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Dear, masih mau compare satu sama lain? padahal yang dicompare jelas punya potensi beda. Buat gw nulis satu atau dua paragraf itu butuh effort yang gede, tapi mungkin buat orang lain, itu laksana kedipan mata (baca: gampang bin mudah). Begitupun mungkin dengan hal-hal lain yang gw bisa kerjain sementara yang lain ga bisa.

So, please. Jangan paksain orang lain buat jadi kamu dan maksain diri sendiri buat jadi orang lain. Karena burung dan ikan jelas berbeda.




2 komentar:

Frsnmllh mengatakan...

Setuju bangetšŸ˜¢

Frsnmllh mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 
Copyright © Sani Ama